Skip to main content

Mencari Atau Dicari, Resiko Kami Penggiat Ruang Terbuka..

Ternyata 2013 bukan tahun indah bagi penggiat diruang terbuka ditengah makin maraknya peminat kegiatan ini dan makin canggihnya peralatan yang beredar.. Diawal tahun periode Januari hingga pertengahan April beberapa kali terjadi kecelakaan disaat melakukan kegiatannya.. Mulai dari tersesat, ditemukan dengan cedera hingga terfatal ditemukan tidak bernyawa.. Apa yang salah dari semua rangakaian kejadian ini, faktor alam tidak bersahabat, faktor alat atau faktor pelaku kegiatan itu sendiri?? Menyalahkan alam bukanlah suatu pendapat bijak, karena alam sudah ada disana sebelumnya.. Alatpun tidak dapat disalahkan bila penggiat dapat memahami fungsi dan menggunakan alat tersebut, lalu sudah dapat dipastikan karena faktor penggiatnya itu sendiri yang menyebabkan kecelakaan itu terjadi karena lupa akan sebuah resiko saat berkegiatan di ruang terbuka..

Bila memang faktor kesalahan tersebut adalah penggiatnya itu sendiri berarti harus merunut latar belakang pelakunya, bisa jadi mereka menjadi korban dari pembibitan atau pengkaderan hasil karbitan dari sebuah organisasi.. Mengapa disebut kaderisasi karbit, alasannya bisa dikarenakan makin sulitnya minat penggiat untuk bergabung dalam sebuah organisasi hingga harus menyesuaikan standar pendidikan dasar saat penerimaan anggota baru dengan kondisi calon anggota sebuah organisasi.. Sebagai contoh, waktu pelaksanaan pendidikan dasar disesuaikan dengan jadwal akademik.. Biasanya dilakukan selama 14 hari penuh pelaksanaan dilapangan menjadi hanya 4-7 hari saja, bahkan ada dilakukan setiap akhir pekan (jumat-sabtu-mingu).. Kemudian masa bimbingan setelah pendidikan dasar lebih dikondisikan lagi, lalu dilanjutkan dengan masa pengembaraan lebih sangat kondisional dan akhirnya mendapat nomor keanggotaan menjadi situasional..

Mengapa organisasi melakukan seperti itu?? masa kepengurusan organisasi untuk tingkatan sekolah dan terutama perguruan tinggi kini memiliki batasan aktifitas para anak didiknya dengan keluarnya kebijakan dari akademik dengan maksimum 7 tahun utnuk beraktifitas dilingkungan kampus, dengan pilihan lulus kurang dari 7 tahun atau berpindah kampus bila lewat 7 tahun.. Namun tanggung jawab sebagai anggota organisasi untuk selalu dapat menjalankan program kerjanya tidak dapat ditinggalkan, organisasi dapat tumbuh dan berkembang bila pengurus beserta anggota dapat menjalankan program kerjanya.. Krisis keanggotaan untuk menjalankan program kerja mengharuskan pengurus menyesuaikan "kadar" pendidikan dasar dengan akademik dan calon anggota itu sendiri dengan harapan, setelah menjadi anggota dapat meneruskan program kerja organisasi..

Kenyataannya menjadi berbeda, disaat dilapangan banyak anggota organisasi mengalami kecelakaan ketika melakukan aktifitasnya, mungkinkah ini efek kurang matangnya dimasa pra pendidikan dasar, pendidikan dasar, masa bimbingan dan pengembaraan hingga sidang pengambilan nomor anggota?? Bisa jadi iya, mereka menjadi tumbal sebuah degradasi sistem organisasi..

Lalu mengapa penggiat yang tidak mengikuti semua proses organisasi masih terbilang jarang mengalami kecelakaan??
Menurut saya pribadi banyak faktor yang menyebabkan hal itu, terutama faktor psikologis diantara penggiat dengan proses organisasi dan penggiat non organisasi.. Penggiat dengan proses organisasi memiliki keingintahuan yang berlebih hingga daya eksplorasinya selalu ingin terus diupgrade karena terserapnya doktrin dimasa proses menjadi anggota organisasi, namun tidak menyadari bahwa doktrin tersebut belum seimbang dengan kemampuan individu dan ketidak mampuan mengukur resiko saat melakukan aktifitasnya.. Yang ada hanya lupa diri, terlalu bangga menjadi anggota organisasi dengan kemampuan belum terasah matang dan terarah karena banyak proses terlewati saat akan menjadi anggota organisasi..


Lalu bagaimana menyikapinya?? kembali kepada diri masing-masing, sadari saja resikonya sebagai penggiat diruang terbuka..

"MENCARI ATAU DICARI"

Untuk rekan, sahabat, saudara petualangan..
Kalian bukan berpulang, namun kalian sedang berpetualang..
Berpetualang hingga mencapai titik tertinggi seperti harapan kalian..

Petualangan itu, saat ini menjadi milik kalian..
Esok ataupun lusa giliran kami melakukannya..

Comments

Popular posts from this blog

Jack Wolfskin Denali Original VS Jack Wolfskin Denali Ori made In Vietnam..

Catatan :: Aku menulis bukan karena iri dan menjatuhkan penjual produk ini, tulisan ini hanya mencoba mengedukasi pembeli untuk tahu membedakan original otentik dengan original "seadanya".. Tidak ada alasan untuk iri karena tidak punya barang dengan menulis ini, Aku sanggup memasukkan barang original "seadanya" lebih banyak dibanding penjual yang ada dan tidak bermaksud sombong, tetapi karena AKU ANGKUH.. Makin banyaknya peredaran barang import yang masuk ke Indonesia menjadikan nuansa baru bagi penggiat kegiatan ruang terbuka.. Dengan alasan kenyamanan dan gengsi menjadi alasan utama bagi penggunanya, dan ini dijadikan pasar yang baik bagi para penjual produk kegiatan ruang terbuka.. Hal ini tidak terlepas dari peran serta dunia maya untuk menghubungkan pemilik barang dan pengguna barang tersebut.. Adapun komponen lain dalam pengadaan barang-barang tersebut adalah 'supplier' baik penyuplai dengan berburu barang diskon diweb-web penjual barang ruan

Murahnya Harga Osprey Talon 33 edisi 2012-2013..

Semoga tulisan tentang Jack Wolfskin Denali kemarin ada sebuah manfaat buat kawan-kawan yang merindukan sebuah barang yang kenyamanannya sesuai dengan dana yang dikeluarkan setelah lelah menabung dan menyimpannya dengan apik dicelengan ayam.. Sekarang si Angkuh ini ingin berbagi lagi.. Sebuah merk favorit bagi penggiat ruang terbuka dengan nama Osprey, menamai produknya dengan type Talon 33 harus sedikit diberi perhatian lebih peredarannya.. Kenapa?? karena suplai barang tersebut beredar dipasaran Indonesia melalui jalur dunia maya yang menghubungkan pemilik barang dengan peminat barang tersebut dan ditawarkan dengan harga dibawah harga pasaran " Black Market" saat ini (harga pasar malam/Black Market sudah murah dibanding harga resmi, terus ada yang pasang harga dibawah harga pasar malam?? *heran*).. Pasti kawan-kawan sudah mengantisipasi hal itu dengan menanyakan status barang tersebut original otentik, atau original made in vietnam (lagi), dan lagi-lagi jawaban pemili

Setelah Visa Schengen Ditolak, Ngapain??

Visa Schengen ditolak?? Jangan dibiarin dan dianggap hal biasa daripada nanti mau urus visa Schengen lewat negara lain malah lebih berabe dan ribet. Seperti pengalaman yang gw alamin sewaktu ngajuin visa Schengen melalui negara Swiss tahun 2016 lalu, waktu itu ditolak dengan alasan seperti pada foto gw posting ini.. Sekarang 2018 gw ajuin visa Schengen lagi lewat kedutaan Perancis, ternyata penolakan dari kedutaan Swiss seperti dosa turunan buat tolak lagi visa Schengen gw ini. Sebulan urus visa lewat kedutaan Perancis, padahal kedutaan ini digadang-gadang termasuk salah satu kedutaan paling mudah dan cepat untuk mengeluarkan visa Schengen maka jadi andalan para pengguna passport hijau Indonesia buat wisata ke Eropa. Nyaris visa gw ditolak kedua kalinya masuk negara Eropa melalui kedutaan Perancis, beruntungnya kedekatan personal dengan pemilik agen tour jadi masih mau terus diupayakan visa Schengen melalui kedutaaan Perancis gw supaya bisa nembus. Bikin visa Schengen sebena