Skip to main content

Setelah Visa Schengen Ditolak, Ngapain??

Visa Schengen ditolak?? Jangan dibiarin dan dianggap hal biasa daripada nanti mau urus visa Schengen lewat negara lain malah lebih berabe dan ribet. Seperti pengalaman yang gw alamin sewaktu ngajuin visa Schengen melalui negara Swiss tahun 2016 lalu, waktu itu ditolak dengan alasan seperti pada foto gw posting ini..




Sekarang 2018 gw ajuin visa Schengen lagi lewat kedutaan Perancis, ternyata penolakan dari kedutaan Swiss seperti dosa turunan buat tolak lagi visa Schengen gw ini. Sebulan urus visa lewat kedutaan Perancis, padahal kedutaan ini digadang-gadang termasuk salah satu kedutaan paling mudah dan cepat untuk mengeluarkan visa Schengen maka jadi andalan para pengguna passport hijau Indonesia buat wisata ke Eropa. Nyaris visa gw ditolak kedua kalinya masuk negara Eropa melalui kedutaan Perancis, beruntungnya kedekatan personal dengan pemilik agen tour jadi masih mau terus diupayakan visa Schengen melalui kedutaaan Perancis gw supaya bisa nembus.

Bikin visa Schengen sebenarnya bukan cuma dipake buat jalan-jalan didataran Eropa, tapi buat jadi bagian tim pendukung Hendra Wijaya yang ikut lomba lari 285k Ultra Milano Sanremo Italia. Adalah lari ultra yang di Indonesia juga sedang menjadi trend tapi belum menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan secara resmi oleh negara. Penyelenggara lomba kebanyakan masih dari komunitas dengan dukungan pemerintahan lokal/daerah. Misal lomba yang sejenis ini di Indonesia seperti BDG100k..

Iya akhirnya dengan segala usaha dan komunikasi intens dengan pihak agen travel, akhirnya visa Schengen gw disetujui. Sebenernya sih kedutaan Perancis sudah bersedia kasih visa dari sebelumnya, cuma kendalanya pihak dari Genewa melalui kedutaan Swiss di Indonesia tetap menolak dengan alasan yang dulu. Kirim surat penolakan dan surat undangan dari penyelenggara acara, mungkin jadi catatan tersendiri bagi kedutaan Perancis untuk.menyetujui visa. Entah gimana, akhir cerita visa Schengen dari kedutaan Perancis disetujui ditengah sudah putus harapan bisa berangkat ke Italia. Tiket sudah dibatalkan semalam, jadi mendadak beli tiket baru. Passport minta diantar pihak travel agent ke bandara, check in lalu terbang dengan transit 8.5 jam di Doha.

Mau liat visa gw, meskipun pada akhirnya visa gw disetujui kedutaan tapi ada catatan yang dicetak dan ditempel dengan selembar kertas seukuran halaman passport.


Singkatnya, visa gw disetujui kedutaan Perancis selama 30 hari. Dengan syarat sepulang dari perjalanan ini gw wajib lapor ke konsulat Perancis di Indonesia maksimal 3 hari setelah kepulangan dengan ancaman klo kagak lapor terancam saat gw anjuin visa Schengen bakalan ditolak dimanapun apalagi ngajuin lagi di kedutaan Perancis.

Jadi pertanyaan dong kenapa seperti itu? Pasti pengen tau jawabannya seperti apa. Gw juga ga tau jawaban yang bener kayak gimana, cuma dugaan gw kenapa ada catatan seperti ini adalah "kemungkinan pihak dari kedutaan Perancis ini berbaik diri dengan menjaminkan klo gw pasti bakalan balik lagi ke Indonesia, tidak seperti dugaan pihak kedutaan Swiss yang melihat kemungkinan gw kagak bakal lagi ke Indonesia dan memilih menjadi imigran gelap disana" makanya gw kena wajib lapor. Anggap aja dispensasi bersyarat dari kedutaan Perancis yang dipercayain ke gw, dan mereka harap gw bisa dipercaya. Kesempatan seperti ini belum tentu datang 2kali dan belum tentu juga bisa lo alamin. Siapa lo?? Hahahaa..

Nah, buat yang pernah ditolak visa terutama Schengen sebaiknya jangan diabaikan penolakan itu, usahakan diselesaikan dengan mengajukan banding setelah 30 hari ditolak meskipun batal atau tidak jadi berangkat. Khawatirnya nama lo udah digaris bawah pake "tinta merah" terus jadi "dosa turunan" sampai akhirnya lo bener-bener ga bakalam pernah ngerasain angin negara di Eropa.
Jangan dengerin orang yang bilang "gw pernah ditolak kedutaan lain terus ngajuin ke kedutaan lain kemudian disetujui" mungkin dia lagi beruntung. Keberuntungan tiap orang ga sama, jadi setelah ditolak lakukan banding meskipun saat itu batal berangkat siapa tau keberuntungan lo lebih besar dari orang itu, masa berlaku lo lebih lama misalnya.

Selamat berwisata tetang ceria meskipun pernah ditolak visa, siapa tau ada rejeki dan keberuntungan berikutnya..

Comments

  1. Hi Mas, salam kenal. Mau tanya catatan itu apakah boleh dilepas dari passpor kita? atau dibiarkan saja tertempel disitu sampai pulang ke Indonesia dan laporan ke Embassy? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya jangan dicabut sebelum lapor ke embassy..

      Delete
  2. Mas mau tanya. Kalo di paspor kita gak ke cap visa nya itu tandanya di tolak atau kelewatan ya? Soalnya ga ada surat tanda penolakan. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Visa schengen?? Klo visa schengen bentuknya stiker satu halaman..
      Klo yg dimaksud cap tersebut disaat kedatangan atau keluar di eropa, mungkin negara tersebut tidak menerapkan cap karena hanya scan seperti di Hong Kong..

      Delete
  3. Halo mas, visa saya juga barusan ditolak sama kedutaan perancis. Alasannya karna "your will leave the territory of the member states before the expiry of the visa has not been established"
    Btw kemarin pas ngajuin banding document yang dikirim apa saja mas? Dan itu emang harus di kirim ke Perancis sana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sinta, aku juga ngalamin sama kayak kamu
      Im sorry for that, terus yang kamu lakuin gimana?

      Delete
    2. Please kindly email me husnasws@gmail.com

      Delete
    3. Halo mba maaf slow respon..
      Dokumen yg dibawa sama seperti mengajukan visa dengan tambahan misal surat sponsor/penjamin klo bakal balik lagi kr Indonesia.. kirim ke kedutaan Perancis lagi, jadi usahakan jangan sampai gak urus banding drpd nanti merepotkan saat mau mengajukan visa schengen melalui kedutaan negara lain..

      Buruknya, gunakan jasa travel agent terpercaya untuk mengurus visa..

      Delete
  4. Halo mas, visa saya ke Jerman syukurnya baru granted tp dpt lembar catatan tambahan harus lapor kalau sudah keluar dari wilayah Schengen karena kebetulan saya ada tugas kuliah agak lama di Jerman jd anak istri mau ikut liburan panjang sktr 2 bulan dan pihak kedutaan mempertanyakan kok bisa anaknya gak sekolah selama 2 bulan? Dan istrinya ikut cuti juga selama itu? Setelah saya balas emailnya, 4 hari kemudian baru dpt balasan email kalau visa anak dan istri sy granted dengan catatan setelah keluar dari wilayah Schengen harus lapor ke kedutaan. Mas nya dulu lapornya gmn ya? Apa bisa cukup dengan email aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas maaf slow respon..

      Waktu itu saya datang ke kedutaan Perancis karena yg mengeluarkan visa dr kedutaan Perancis..

      Sepertinya harus datang tidak bisa melalui email, karena visa tersebut akan diberi tanda oleh pihak kedutaan..

      Seudah mengikuti prosedur, kemudian mengajukan visa lagi jadi gak dipersulit malah langsung dikasih jangka waktu 3th..

      Delete
  5. Salam,
    Visa saya baru saja di tolak Kedutaan Jerman 23 12 2019 kemarin. Rencana keberangkatan saya 30 12 2019 ini. Saya kemarin mengajukan visa kunjungan dengan mendapatkan undangan/sponsor dari teman saya disana. Alasan penolakan ada 2, pertama informasi terkait kunjungan kurang jelas dan kedua adanya indikasi bahwa saya tidak akan pulang setelah masa kunjungan berakhir. Memang saat ini saya belum bekerja. Saya bingung apa yang harus saya lakukan. Mohon bantuannya bagi yang bisa membantu memberi informasi bagi saya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada intinya dari tulisan, visa schengen yg ditolak lanjutkan dengan prosedur banding seperti yang tertera pada lembar penolakan sebelum masa banding habis.. Meskipun tetap batal berangkat pada akhirnya, selesaikan dulu prosedur bandingnya ibaratnya "menjadi dosa turunan" klo pernah ditolak visa schengen tp gak ikuti prosedur banding..

      Klo tidak banding akan semakin menyulitkan saat mengajukan visa schengen dikemudian hari..

      Delete
  6. Boleh tau kah utk agent yg bantunya? Saya jg mau ajukan banding melalui agent kalau bisa mohon bantuannya. Trims

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jack Wolfskin Denali Original VS Jack Wolfskin Denali Ori made In Vietnam..

Catatan :: Aku menulis bukan karena iri dan menjatuhkan penjual produk ini, tulisan ini hanya mencoba mengedukasi pembeli untuk tahu membedakan original otentik dengan original "seadanya".. Tidak ada alasan untuk iri karena tidak punya barang dengan menulis ini, Aku sanggup memasukkan barang original "seadanya" lebih banyak dibanding penjual yang ada dan tidak bermaksud sombong, tetapi karena AKU ANGKUH.. Makin banyaknya peredaran barang import yang masuk ke Indonesia menjadikan nuansa baru bagi penggiat kegiatan ruang terbuka.. Dengan alasan kenyamanan dan gengsi menjadi alasan utama bagi penggunanya, dan ini dijadikan pasar yang baik bagi para penjual produk kegiatan ruang terbuka.. Hal ini tidak terlepas dari peran serta dunia maya untuk menghubungkan pemilik barang dan pengguna barang tersebut.. Adapun komponen lain dalam pengadaan barang-barang tersebut adalah 'supplier' baik penyuplai dengan berburu barang diskon diweb-web penjual barang ruan

Murahnya Harga Osprey Talon 33 edisi 2012-2013..

Semoga tulisan tentang Jack Wolfskin Denali kemarin ada sebuah manfaat buat kawan-kawan yang merindukan sebuah barang yang kenyamanannya sesuai dengan dana yang dikeluarkan setelah lelah menabung dan menyimpannya dengan apik dicelengan ayam.. Sekarang si Angkuh ini ingin berbagi lagi.. Sebuah merk favorit bagi penggiat ruang terbuka dengan nama Osprey, menamai produknya dengan type Talon 33 harus sedikit diberi perhatian lebih peredarannya.. Kenapa?? karena suplai barang tersebut beredar dipasaran Indonesia melalui jalur dunia maya yang menghubungkan pemilik barang dengan peminat barang tersebut dan ditawarkan dengan harga dibawah harga pasaran " Black Market" saat ini (harga pasar malam/Black Market sudah murah dibanding harga resmi, terus ada yang pasang harga dibawah harga pasar malam?? *heran*).. Pasti kawan-kawan sudah mengantisipasi hal itu dengan menanyakan status barang tersebut original otentik, atau original made in vietnam (lagi), dan lagi-lagi jawaban pemili