Skip to main content

Bukan Karena Film 5cm..

Dan pada akhirnya film 5cm dijadikan bantalan "terdakwa" dalam setiap kecelakaan diruang terbuka terutama kegiatan mendaki gunung, padahal film itu sudah beberapa tahun lalu  beredar tapi masih saja dianggap sebagai penyebab banyaknya minat mendaki gunung, lalu kemudian banyak kecelakaan karena kurang kemampuan para individu "baru" pendaki gunung.. Sampai tercipta berbagai panggilan nyinyir bagi peminat "baru" kegiatan ini diterapkan oleh mereka untuk mereka..

Film 5cm memang salah tiga pemicu semakin banyaknya (semakin banyak = sebelumnya sudah banyak) pendaki gunung, tetapi sebelum film ini menurut pengamatan tidak cermat grafik peminat mendaki gunung memang sedang naik terus setelah adanya acara Jejak Petualang yang di pandu Riyani Djangkaru, sangat beruntung acara ini tidak dituding sebagai penyebab banyaknya peminat mendaki gunung lalu kemudian terjadi kecelakaan-kecelakaan.. Memang naas nasib film 5cm selalu dianggap bersalah, mungkin ini penyebab tidak ada lanjutan/sekuel 5cm x 2, 3, 4 dan sepanjangnya..

Hitung salah benar pada kecelakaan-kecelakaan tersebut sepertinya tidak harus karena film 5cm karena sudah habis masa tayangnya, trend juga sudah bukan karena film itu lagi..
Coba merunutkan siapa yang seharusnya disalahkan ::
1. Tuhan Y.M.E, karena Dia menciptakan semua gunung, sungai, batu, goa terlalu indah..
2. Alam sekitar, terlalu indah untuk dikunjungi sehingga banyak orang penasaran melihatnya langsung dengan kepala dan mata kaki sendiri..
3. Pemerintah dan elemennya sampai tingkat masyarakat, mereka tidak pernah tegas akan kebijakan yang telah dibuatnya. Juga masyarakat sekitar terlalu permisif pada pengunjung yang tidak tertib aturan..
4. Individu penggiatnya, terlalu kurang ajar melampaui batas kemampuannya.. Juga kurang ajar untuk melakukan pelanggaran aturan..
5. Pendaki "duluan" karena mereka juga terlalu riya menunjukkan "Gw pernah disini" memicu orang untuk mengikuti aksinya.. (Terus lo nyinyirin dan bilang dasar pendaki 5cm??)
6. Provider kegiatan/pendakian bersama (open trip) terlalu longgar mengajak peserta perjalanan.. Kenal sebatas bisnis, tidak mengetahui kemampuan peserta perjalanan, terlalu bangga bisa nge-trip gratis bahkan menguntungkan..

Masih panjang tapi malas tulisnya, langsung point terakhir saja.. Yaitu selesai..

Sebenernya tidak perlu juga untuk menyalahkan sesuatu hal sebagai pemicu trend, dan berakibat banyak kecelakaan.. Lebih dibutuhkan bagaimana mengurangi jumlah kecelakaan, dengan cara bergabung ke organisasi yang memang beraktifitas diruang terbuka.. Organisasi tidak seperti kumpulan komunitas sehati dan seperjalanan, dalam organisasi ada pembinaan mental juga mengasah kemampuan.. Bisa juga dengan ikut sekolah informal atau juga pelatihan/kursus kegiatan ruang terbuka, dengan syarat rutin dilatih supaya tidak lupa.. Tapi ya terkadang hal seperti ini dimanfaatkan sebagai gaya, terkadang hanya untuk dapat mengenal juga dikenal sesepuh tapi tidak memanfaatkan ilmu dari sesepuh.. Padahal kenal dengan sesepuh belum menjanjikan kemampuan menjadi naik kalau tidak dilatih secara rutin..

Catatan :: Saya belum pernah nonton film 5cm..

Comments

Popular posts from this blog

Jack Wolfskin Denali Original VS Jack Wolfskin Denali Ori made In Vietnam..

Catatan :: Aku menulis bukan karena iri dan menjatuhkan penjual produk ini, tulisan ini hanya mencoba mengedukasi pembeli untuk tahu membedakan original otentik dengan original "seadanya".. Tidak ada alasan untuk iri karena tidak punya barang dengan menulis ini, Aku sanggup memasukkan barang original "seadanya" lebih banyak dibanding penjual yang ada dan tidak bermaksud sombong, tetapi karena AKU ANGKUH.. Makin banyaknya peredaran barang import yang masuk ke Indonesia menjadikan nuansa baru bagi penggiat kegiatan ruang terbuka.. Dengan alasan kenyamanan dan gengsi menjadi alasan utama bagi penggunanya, dan ini dijadikan pasar yang baik bagi para penjual produk kegiatan ruang terbuka.. Hal ini tidak terlepas dari peran serta dunia maya untuk menghubungkan pemilik barang dan pengguna barang tersebut.. Adapun komponen lain dalam pengadaan barang-barang tersebut adalah 'supplier' baik penyuplai dengan berburu barang diskon diweb-web penjual barang ruan

Murahnya Harga Osprey Talon 33 edisi 2012-2013..

Semoga tulisan tentang Jack Wolfskin Denali kemarin ada sebuah manfaat buat kawan-kawan yang merindukan sebuah barang yang kenyamanannya sesuai dengan dana yang dikeluarkan setelah lelah menabung dan menyimpannya dengan apik dicelengan ayam.. Sekarang si Angkuh ini ingin berbagi lagi.. Sebuah merk favorit bagi penggiat ruang terbuka dengan nama Osprey, menamai produknya dengan type Talon 33 harus sedikit diberi perhatian lebih peredarannya.. Kenapa?? karena suplai barang tersebut beredar dipasaran Indonesia melalui jalur dunia maya yang menghubungkan pemilik barang dengan peminat barang tersebut dan ditawarkan dengan harga dibawah harga pasaran " Black Market" saat ini (harga pasar malam/Black Market sudah murah dibanding harga resmi, terus ada yang pasang harga dibawah harga pasar malam?? *heran*).. Pasti kawan-kawan sudah mengantisipasi hal itu dengan menanyakan status barang tersebut original otentik, atau original made in vietnam (lagi), dan lagi-lagi jawaban pemili

Setelah Visa Schengen Ditolak, Ngapain??

Visa Schengen ditolak?? Jangan dibiarin dan dianggap hal biasa daripada nanti mau urus visa Schengen lewat negara lain malah lebih berabe dan ribet. Seperti pengalaman yang gw alamin sewaktu ngajuin visa Schengen melalui negara Swiss tahun 2016 lalu, waktu itu ditolak dengan alasan seperti pada foto gw posting ini.. Sekarang 2018 gw ajuin visa Schengen lagi lewat kedutaan Perancis, ternyata penolakan dari kedutaan Swiss seperti dosa turunan buat tolak lagi visa Schengen gw ini. Sebulan urus visa lewat kedutaan Perancis, padahal kedutaan ini digadang-gadang termasuk salah satu kedutaan paling mudah dan cepat untuk mengeluarkan visa Schengen maka jadi andalan para pengguna passport hijau Indonesia buat wisata ke Eropa. Nyaris visa gw ditolak kedua kalinya masuk negara Eropa melalui kedutaan Perancis, beruntungnya kedekatan personal dengan pemilik agen tour jadi masih mau terus diupayakan visa Schengen melalui kedutaaan Perancis gw supaya bisa nembus. Bikin visa Schengen sebena